Jalan-jalan Ke Jepang Cuma Bawa 5 Juta? Bisa! (PART 1)

Postingan ini teruntuk kamu-kamu yang pengen jalan-jalan gaul dengan dana minim wkwk: emang bisa ke Jepang dengan duit segitu? Daripada ...

Postingan ini teruntuk kamu-kamu yang pengen jalan-jalan gaul dengan dana minim wkwk: emang bisa ke Jepang dengan duit segitu? Daripada makin penasaran, langsung baca yukz!

Setelah tahun 2016 gw berhasil ke Korea dengan bawa 5 juta (juga), gw merasa tertantang untuk bawa duit segitu (juga) ke negara yang digadang-gadang paling kece, trendi, unik se Asia, yha apalagi kalo bukan Jepang. Kalo dikilas balik, alasan utama gw pengen ke Jepang adalah:
1. Korban Instagram
wahaha yang ini sih emang udah jadi penyakit wajib generasi milenial. cek hp buka ige, lagi-lagi yang diliat liburan artis ini bareng buzzer inu ditemenin influencer ono di-endorse brand unu jalan-jalan ke Jepang, lalu terpampanglah dengan aduhai-nya di feed mereka aneka lokasi foto lucu, tempat makan gemes, jalanan berlampu kelapkelip, crossing street sejuta umat, serta tempat iconic macam Ueno Park & patung Hachiko dll, pokonya bener-bener menggiurkan tiap mata yang melihat, namun yang bikin miris, semua yang tersuguh di sana sungguh terasa mevah dan mahal sehingga membuatku merasa ngga sanggyup untuk bisa kesana. (di titik ini masih belom kepikiran buat googling harga, di titik ini masih dalam tahap menikmati, mengingini cenderung ngiri wkwk).

2. Kantor Rasa Jepang
Yha, tidak terasa sudah 2 tahun 1 bulan ini gw berkantor di biro iklan yang punya kantor pusat di Jepang. Di sini gw merasa betah, bos-nya asik, anak2nya nggak sok gaul (wk paansi), lingkungannya friendly dan yang paling penting gw nggak dinyinyirin kalo lagi makan nasi warteg (hiks, kan ada tu kantoran yang ciwi-ciwi-nya suka rese memandang sengit nasi warteg belom tau aja rasanya gimana sekali hap langsung nambah fiuh bye). Nah lanjut ke kantor lagi, nilai-nilai Jepang sering gw dapetin di sini, mulai dari orangnya, bahasanya, cara kerjanya, acara2nya, bahkan sampai klien dan brand yang gw pegang asalnya dari Jepang, bikin gw nggak merasa begitu asing lagi dengan hal-hal berbau Jepun. Paling serunya kalo anak2 dapat jatah bonus travel, pada suka jalan ke Jepang, trus bawa oleh2 snack-snack mecin yang gw nikmati dengan rasa syukur. Setiap hari dicekokin dengan hal ini bikin gw membatin, kapan ya gw ke Jepang? (di titik ini udah mulai nanya-nanya temen, eh caranya gimana harganya brapa, di titik ini udah nggak peduli sama riuh redam ige karena sekarang gw berpaling ke yutup dimana gw terpapar dengan keseruan Jepang yang lebih real dan segmented).

3. Kawaii Journaling
Kenapa gw bilang segmented? Karena di Jepang terlalu banyak yang bisa dinikmati namun terlalu sedikit waktu untuk menelusurinya. Rasanya nggak mungkin kalo harus menjelajahi satu per satu tempat karena semuanya serba lucu dan menariq. Biar nggak bingung lantas terombang-ambing di lautan yutup, gw putusin buat break down dulu, kira-kira gw paling demen apa sih? Buku? Bisa beli di periplus. Thrifting? Bisa ke Senen. Nonton film? Ada Netflix. Anime? Nggak suka-suka amat. Ramen? Bisa beli di alfa. Hmm trus apa ya? Lalu gw terhenyak saat mengingat hobi all-time-favorite gw dari jaman jebot yaitu nulis jurnal. Hobi ini sama berayun-ayunnya (suka tp nggak diseriusin) dengan hobi gw lainnya seperti nulis novel, ngerajut, dan kamera analog. Lalu tanpa sengaja atau emang karena udah suratan, pas gw browsing yutup cek kamera fuji disposable, gw menemukan video cewe lg nulis jurnal, anaknya woles, nggak riweh, tp kok kayanya asik, nggak ngebosenin dan hasilnya bagus nggak norak (at least menurut gw). Pas gw telusuri, ni cewe domisilinya di Jepang, trus udah lumayan lama nulis dan hias jurnal (pake stiker dan stamp) yang ternyata dinamain Kawaii Journaling. Whaaaa gw jadi merasa punya temen dan nggak sendiri, gw pikir gw doang yang suka 'buang-buang waktu' nulis jurnal pake dihias-hias spidol, guntingan foto, tempelan instax dan stiker. Wuihh so this thing has a name yall? Seneng bgt lah pokonya gw. Maka semakin terdoronglah gw untuk setidaknya berusaha cari2 info ttg Jepang dan bikin harapan ini jadi terealisasi. Soalnya yang gw liat segala atribut tulis menulis bikin jurnal itu dia belinya di Jepang, segala gimik gemes, pulpen warna-warni, color notepad, highlighter, dan teman-temannya sungguh menarik dan bikin gw penasaran, apa iya stationery di sana selucu dan se-nggakterpikirkan itu? I was sooo excited!!

Yak beberapa hal di atas walau terlihat sepele alhasil membuat gw makin mantap untuk ke Jepang

...dan gayung pun bersambut

temen gw yang udh pernah ke Jepang: eh dis ada tiket mure ni ke Japan mau ikut ga
gw: wih bole tu, brapaan?
dia: 3jutaan pp, ga sampe 4 juta
gw: wih mayan tu, lu udah beli?
dia: udah, lu mau gak buruan
gw: huhu lagi ga ada duit ni (kan kere wk)
dia: hmm sayang loh kalo ga beli mumpung promo (khas mbak2 spg mek-ap)
gw: gw pikirin dulu deh ya
dia: jgn lama-lama ntr abis
gw: iye, ntr gw kabarin
dia: sip

...dan 2 minggu pun berlalu

asli gw dilema banget, antara pengen ikutan, tp mesti nabung, tp kalo ga beli ntr nyesel, kalo pergi sendiri takut bego, huff akhirnya gw tidur wkwk

sooo, long story short, akhirnya gw mutusin untuk yaudah deh beli aja, karena satu dan lain hal, gw gak beli tiket pp, tapi beli tiket pergi dulu, mumpung si promo ini masih ada. gw mikirnya, beli tiket sekali jalan dulu aja deh, tiket baliknya gajian bulan depan aja, kalopun mahal ya mau gimana resiko gw huhuhu.
buat kalian yang berencana ke jepang, mendingan belinya pp dan saat promo, karena setelah gw itung-itung, pas gw beli tiket balik, lebih mahal 100-200rb dari harga balik kalo langsung beli pp.
lumayan kan 200rb buat jajan daiso di jepang haha.

soal airlines, gw tetep setia sama my luv AirAsia, kenapa? yha apalagi kalo bukan karena murah (haha), sering ada promo pula, websitenya juga gampang banget diakses, kalo mau nanya ini itu cs-nya sungguh responsif. ini bukan iklan berbayar koks, soalnya gw ngerasain sendiri pelayanan mereka yang menurut gw cukup bagus untuk penerbangan low cost.

tapiiii, ada tapinya nih. kalo kamu tipe milenials yang harus duduk nyaman sepanjang perjalanan di pesawat, mungkin bisa cari alternatif airlines lainnya, kenapa? karena si AirAsia ini jarak antar bangku penumpangnya rada mepet, jadi kamu harus tahan buat duduk dengan ruang gerak terbatas sekitar 6-8 jam kurang lebih.

namun, karena gw anaknya rada petite (sok iye lu dis), hal ini nggak jadi masalah sih (sombong), sebab gw juga bukan tipe yang banyak gerak walau dikasi ruang yang luasss, bawaannya ngejogrok di satu tempat nggak pindah2 sampe disuruh cabut haha (mungkin ke-introvet-an gw ngaruh juga ke attitude saat duduk :P)

so, itu tergantung kamu ya, mau irit dengan ruang gerak terbatas, atau mau bobo2 nyaman sambil selonjoran tapi rada mahal, the decision is yours.

next step, nyiapin paspor. 
karena paspor lama gw udah habis masa berlakunya (pas banget), maka gw apply buat bikin e-paspor.
harga bikin e-paspor tahun 2017 kira-kira 600rban. emang lebih mahal dibandingkan paspor biasa yang cuma 300rb dengan jumlah halaman yang sama yaitu 48 lembar.
trus? ya gapapa gw tetep bikin e-paspor karena lumayan hemat duit buat ngurusin visa ke Jepang. Dari hasil gw brosing artikel, apply visa Jepang itu mirip-mirip sama syarat bikin visa pada umumnya, and yess kamu harus siapin berkas rekening koran juga (sigh). Biaya bikin paspor ini sekitar 300rban kalo ga salah. Sementara kalo bikin e-paspor, buat kunjungan maksimal 15 hari, ke Jepangnya nggak harus apply visa, cuma perlu waiver yang diurus di kedubes Jepang dan yang bikin seneng adalah pembuatannya tanpa biaya alias GRATIS!
Keliatannya sih sama kan paspor+visa=300rb+300rb jumlahnya 600rban jugaa. Cumaa kalo pake e-paspor, waiver Jepang-nya berlaku 3 tahun dan nggak mesti ribet dua kali kerja ngurus2in surat dan berkas2 lainnya, cukup repot sekali aja pas bikin epaspor. Tapii kalo kamu mau stay di Jepang lebih dari 15 hari, yha apa bole buat walau pake e-paspor tetep harus apply visa manual :)
Btw untuk lengkapnya bisa cek di sini yaa, gw takut salah ngomong mending cek lengkapnya di situ wahaha

So anyway, gw pun mulai menentukan kapan kira-kira mau bikin paspor. Gw inget (dulu) kalo ngantri di kantor imigrasi itu harus dari pagi banget biar dapet antrian angka 'muda' dan itu berarti harus bangun pagi dan nahan ngantuk which i prefer not to. Setelah brosing sana-sini, ada 2 alternatif yang bisa dicoba yaitu pake fasilitas Whatsup untuk imigrasi Jaksel Warung Buncit atau pake aplikasi online Antrian Imigrasi. Gw langsung mencoba 2 alternatif ini dengan bahagia haha, karena menurut yg gw baca nggak perlu antri dari pagi, cukup datang sesuai dengan jam yang ditentukan. Untuk si Whatsup gw dapetnya rada siang hari Rabu, 27 Des 2017, untuk yang aplikasi online dapetnya Kamis pagi, 28 Des 2017 di imigrasi Jakbar Pinangsia. Setelah mencocokkan dengan jadwal kerjaan, gw mutusin untuk cuti di hari Kamis aja, selain lokasinya lebih deket ke rumah, sekalian bisa nostalgia liat2 Kota Tua juga wahaha
Untuk prosesnya sendiri cepat, lancar, dan nggak ribet. Walau emang harus antri lamaan dipotong jam makan siang karyawan, so far cukup memuaskan kok. Pas nomor antrian gw dipanggil, gw diarahin ke ruangan yang ada staf dengan bilik-bilik plus kamera dan komputer. Gw difoto, ditanyain apa alasan bikin paspor, dan dikasi kertas buat pembayaran e-paspor. So that's it! Intinya kalo berkas kamu lengkap kap kap kap, nggak repot kok kalo mau bikin paspor sendiri. Yha tapi saran aja nih, siapin makan dan minum secukupnya ya, jangan kayak gw, kehabisan air, terpaksa jalan kaki ke indomaret kota tua, skalian beli ciki cikian, pulangnya ngelewatin abang2 nongkrong yang ketawa2 pas gw lewat gatau ngetawain apa yaudah gw ikutan ketawa juga (lah), but yeah let's just make it a day!

Next stop, visa waiver registration aka registrasi bebas visa Jepang.
Dari hasil brosing (lagi) (dadakan) yg gw lakuin, ngurusin si waiver ini mesti ke VFS.Global yang adalah third party kedubes2 dalam hal ngurusin visa biar nggak numpuk antriannya. Nah setelah e-paspor gw jadi, langsung lah tanpa basa-basi gw izin dari kantor gw yg di daerah Sudirman menuju ke kantor VFS.Global di Lotte Shopping Avenue naik grabmotor. Nyampe sana, suasananya masi sepii banget, pas ngelirik jam, lah iya juga masi jam 10.30. Di dalem VFS.Global-nya kayak rumah sakit, didominasi warna putih, ada bilik2 kecil, trus mesti ngelewatin security dan metal detector juga waw. Pas antrian gw dipanggil, gw disambut dengan ramah oleh mba2 yang kemudian menjelaskan bahwa kalo mau bikin waiver mesti bayar 110rb (update 2018 harga naik jadi 120rb) lah lah, kirain gratis?? Gw pun berkilah 'tapi mba, saya baca di web kedubes Jepang, untuk bikin waiver nggak bisa di kedubes lagi karena ngantri banget jadi mesti ke sini'... gw lebih ke panik sih, bingung mana yang bener.
Mba2nya pun memberi jawab dengan senyum manis 'bener mba, kalo lagi full di sana, akan dibantu di sini, tapi kalo di sana lagi kosong, hmm sepertinya sih lagi nggak rame ya mba di sana, bisa kok mengurus waivernya di sana, enaknya di sana gratis, kalo di sini harus bayar, terserah mbanya sih mau yang mana' mbanya seperti menunggu keputusan dari gw.
Gw yang nggak nyaman diliatin, sesaat ragu, kemudian memutuskan 'oh gitu ya mba, okedeh kayaknya saya mau nyoba di kedubes aja hehe, makasi banyak mba infonya'.
Mbanya pun tersenyum dan kita berdua sama2 bangkit dari kursi trus gw ngulurin tangan buat salaman, yailah dys lu kata lagi interview kerja wkwk gue emang gini kalo panik dan baru dapet suatu berita yang dadakan alias gak terduga, kelakuan suka random aja gitu hahaha.

Gw pun segera pesen grabmotor buat ke kedubes Jepang di Thamrin, lumayan kan 110rb bisa buat tambahan jajan, jd gw cuma rugi ongkos grab bolakbalik doang. Tau gitu gw langsung aja dari kantor ke kedubes deket begituu jalan kaki bisa, tapiii gw gak nyesel karena dengan ini gw dapet pengalaman baru dan seneng aja bisa ngurus semuanya sendiri *ngeles *menghiburdiri *wkwk

Sesampainya di kedubes Jepang, gw dimintain KTP untuk tanda masuk, trus diarahin ke ruangan gedung di sebelah kiri. Suasana di dalam sepi banget cuma ada 1 orang di loket dan gw. Ruangannya gede mirip kantor kepala sekolah jadul. Ada beberapa tempelan pengumuman bahasa Jepang dan lemari gede isi folder yang bentuknya khas banget. Gw serasa udah di Jepang nih ngeliat vibe kayak gini wahaha. Pas giliran gw dipanggil, di loket gw dimintain e-paspor dan disuru dateng 2 hari lagi untuk pengambilan. That's it! Gw mau nanya kira-kira ada kemungkinan waiver-nya gak approve tapi yaudahlah optimis aja. Mengingat visa Korea gw yang sempet beberapa hari 'Under Review' pas temen gw udah 'Approved' tu rasanya mayan nyesek. Jadi gw pasrah aja dan berdoa semoga di hari pengambilan nanti gw juga 'Approved' seperti halnya si visa Korea yang akhirnya lolos di hari H pengambilan. Thank God!
Demikianlah e-paspor dan waiver Jepang gw jadi dengan lancar tanpa halangan apapun.

Last stop, ho(s)tel!
Dan emang udah ketebak alias nggak bisa dipungkiri harganya mahal2 bet sistaa. Mau hotel, hostel, guesthouse, dormi, airbnb sampe udah capek brosing semuaa mihil. Abisan pengennya di Tokyo biar nggak sulit transport kalo mau kemana-mana. Mau di tengah Tokyo tapi mura? Waw bisa ae lu dis.
Etapi temen gw ahirnya nyaranin mending nginep di guesthouse doi dulu sebelumnya. Gw sih ayo2 aja, yang penting bisa bobo, gw ga ribet lah soal yang satu ini. Dan ahirnya kita fix book seminggu di Toco Guesthouse dengan total sekitar 1,8-2 juta per orang. Mayan kaan.
Lokasi guesthouse ini di deket stasiun Iriya, tinggal ikutin map pasti nemu. Tempatnya vintage lucu gitu, vibe oldish tradisionalnya berasa banget. Kalo di webnya sih ditulis
(Toco) is a renovated 90-year old private house..
Yha jadi kalo kamu rada penakut, sebaiknya sabar dan mawas diri wk, demi muree ni cuyy.
(Aku akan cerita tentang suatu malam aku kebelet, sementara ni ruma kalo malam suka berderit-derit keterpa angin pas banget maren lagi winter. Aku bimbang mau nahan pipis apa lewatin lorong gelap buat ke toilet, mau tau kelanjutannya? hiiii tapi ceritanya nanti aja pas part 2 huahaha)

Jadi kira2 begitulah persiapan dan urus ini itu sebelum berangkat ke Jepang, kalo mau dirangkum kira-kira demikian:
paspor 600rban
e waiver gratis
tiket pp 3jtan
hotel 2jt
yak totalnya 5,6jtan

Untuk makan+transport+jajan di Jepangnya sendiri, gw cuma bawa 5jt persis. Kalo lebih ntr bisa nelangsa pas balik ke indo hihi.
Mau tau gw kemana aja plus tips makan dan jajan mura selama di sana? Nantikan di post berikutnya soalnya ini udah panjang banget hihi..


If you (finally) reach this line, THANK YOU SO MUCH for spending your precious time reading my story, hope it inspires you.

*to be continued*
*stay tuned hoomans*

You Might Also Like

3 comments